Berita Kampus

Jumat, 8 September 2019 UPT Puskesmas Sukabumi melakukan sosialisasi inovasi layanan kesehatan di Kampus Institut Manajemen Wiyata Indonesia. Inovasi dimaksud dinamakan “MOCIDAKU (Modal Cinta Tidak Cukup)”.

Hadir menyampaikan pengantar pada sosialisasi tersebut, Kepala UPT Puskesmas Sukabumi, Bapak drg. Suhendro Rusli. Beliau menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dari segi kesehatan dengan konsep masyarakat dan keluarga Indonesia yang sehat baik secara jasmani maupun rohani.

MOCIDAKU ini hadir di Kota Sukabumi sebagai sebuah inovasi layanan kesehatan dimana salahsatunya ada sesi pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis di UPT Puskesmas Sukabumi bagi pasangan calon pengantin dalam rangka perencanaan keluarga sehat yang dimulai semenjak awal pernikahan. Dikatakan, pernikahan tidak cukup bila hanya bermodalkan cinta, namun pula perlu persiapan matang, melibatkan persiapan mental, kesehatan jasmani dan rohani.

Kenapa sosialisasi ini dilakukan di perguruan tinggi? Harapannya mahasiswa semenjak dini diperkenalkan, yakni dari sumber langsung pihak yang berkompeten di bidangnya, mendapatkan pendidikan pra nikah yang baik, sehingga di masa depan diharapkan bila mulai membangun keluarga dapat melahirkan generasi sehat dan berkualitas. Mahasiswa dapat pula bertugas mengabarkan program baik ini kepada anggota keluarga, sanak saudara, kerabat, sahabat dan handai taulan.

Pada kesempatan ini mahasiswa juga diingatkan akan bahaya HIV dan AIDS. Tren pergaulan bebas masa kini, maraknya kasus narkoba di kalangan anak muda, minimnya pengetahuan akan gejala maupun potensi serta faktor risiko tertular HIV dan AIDS, menjadi dasar dilakukannya sosialisasi ini. Semua orang dikatakan, dari segala usia dan profesi dapat tertular HIV. Maka perlu penjagaan diri, jangan sampai tertular virus, yang bila terkena, pada awalnya sama sekali tidak menunjukkan gejala, namun setelahnya, virus akan terus hidup bersama, dan hingga sekarang belum ada obat untuk sepenuhnya menghilangkannya.

Mahasiswa sangat antusias menyimak pemaparan materi dari pihak UPT Puskesmas Sukabumi, apalagi disampaikan dengan ringan dan interaktif, yang dalam hal ini disampaikan oleh Ibu Gayatri dan Ibu Elis Susilawati. Sesi tanya jawab dibuka dengan begitu banyak pertanyaan dari mahasiswa, menunjukkan respon dan keingintahuan yang cukup besar dari mahasiswa akan topik ini.

Tags: Law, Juggement, lawyer, Cases