Berita Wisuda

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Salam Sejahtera,
Om swasti astu om,
Namo Budaye,
Salam Kebajikan,

Yang saya hormati Kepala LLDikti Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd.
Yang saya hormati Pimpinan Ketua, Sekretaris dan anggota Senat
Yang saya hormati Pimpinan Yayasan Wiyata Indonesia
Yang saya hormati Pimpinan Perguruan Tinggi
Yang saya hormati dan saya banggakan wisudawan/wati semuanya
Para Tamu Undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh,

Di tengah pandemi Covid 19 ini, suatu nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita syukuri bahwa pada pagi hari ini kita bersilaturahmi dan berkumpul bersama di Gedung Hotel Augusta untuk mengikuti prosesi wisuda sarjana dalam keadaaan yang sehat dan dalam suasana optimis menyambut suatu masa depan yang gemilang untuk kita bersama. 

Para undangan yang saya hormati dan para wisudawan yang saya banggakan,

Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar dan berpuas diri, namun sebaliknya, ilmu yang sudah Anda dapatkan selama proses studi di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks ke depan. Karena belajar itu adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon, tapi lebih dari itu, bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan disempurnakan oleh kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.

Satu paket kurikulum sudah Anda selesaikan, artinya Anda telah menyelesaikan sebuah perhelatan lari di sebuah lintasan. Anda telah berhasil berlari melewati berbagai rintangan baik itu rintangan yang bersifat akademik maupun rintangan yang bersifat non akademik, dan hari ini adalah ujung atau garis finish dari lintasan itu.

Hari ini Anda telah berhasil finish dengan baik, lengkap sudah kompetensi Anda sebagai seorang Sarjana. Namun sekali lagi, saya berpesan Anda tidak boleh berhenti, karena Anda harus melengkapi kebisaan Anda sampai akhir hayat nanti sehingga Anda mempunyai Riwayat Hidup yang indah, yang tatkala telah tiada nanti, seperti gajah yang meninggalkan gading, seperti macan yang meninggalkan belang. Dan kita ketika telah tiada nanti meninggalkan nama baik yang tertulis di masyarakat.

Saya berharap para wisudawan ini kedepannya harus menjadi orang yang berguna dan mampu memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, bangsa dan negara kita tercinta ini. Apalagi masa Anda adalah masa yang berat, kalian harus menjadi bagian dari upaya bangsa ini bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 ini.
 
Kepada masyarakat dan khususnya orang tua yang telah menjadikan IMWI sebagai perguruan tinggi yang diminati dan dipercaya untuk mendidik putra dan putri Bapak dan Ibu, saya selaku Rektor IMWI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Semoga kepercayaan tersebut dapat menjadi pendorong bagi IMWI dalam meraih prestasi tridharma perguruan tinggi yang lebih baik lagi. 

Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.

Pada kesempatan upacara Wisuda yang sangat baik ini saya ingin mengemukakan bahwa IMWI telah berhasil menyelesaikan Akreditasi seluruh Program Studi dan juga Institusi. Apalagi di kampus ini, Anda dibekali dengan kekhasan IMWI yaitu penanaman jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air, menghormati dan melestarikan kearifan lokal berupa: menghargai perbedaan, kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan bekerjasama yang baik. Sehingga dengan bekal tersebut, Anda akan mampu berkiprah dan bersama-sama membesarkan nama IMWI. Saya berpesan kepada kalian jangan ragu menerobos berkompetisi masuk ke dalam institusi bergengsi dunia, di sanalah tempat kalian berkarir.

Para wisudawan yang saya banggakan.

Hari ini melalui upacara wisuda, almamater Anda atau Ibu pengasuh atau lebih tepatnya makna almamater adalah Ibu yang memberi Ilmu, akan melepas dan menyerahkan kembali kepada orang tua kandung Anda. Saya berpesan kepada kalian semua, jika kalian nanti sudah mengarungi dan sukses menempuh cita-cita dan kalian kangen dengan Ibumu yang memberi ilmu pengetahuan ini, maka pulanglah…pulanglah ke pangkuan almamatermu, pintu Kami buka selelebar-lebarnya, untuk kalian nanti bernostalgia, atau mungkin makan siang bersama di tempat makan favorit selama kuliah, makan siang atau sekedar berbincang-bincang di kampus ini adalah memori kolektif untuk kalian tidak melupakan almamater tercinta. Jagalah nama baiknya, dengan bekerja dan berkarya sepenuh hati. Kebesaran nama dan prestasi kalian kelak adalah kebesaran almamater kita bersama.

Pada Upacara Wisuda ini, atas nama Institut Manajemen Wiyata Indonesia, seluruh pimpinan Perguruan Tinggi mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di IMWI tercinta ini. Secara khusus Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik .

Kepada seluruh wisudawan yang saya banggakan, sekali lagi kami titipkan nama baik IMWI. Tetaplah menjalin tali “silaturahim” dengan almamater, agar kita bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi  bangsa dan negara Indonesia. 

Hadirin yang terhormat dan para wisudawan yang saya banggakan.

Mengakhiri pidato ini, kami ingin menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua wisudawan. Kami sampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
• para rekan sejawat dosen yang telah berhasil mengantarkan keberhasilan para wisudawan,
• seluruh tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan para wisudawan,
• panitia pelaksana wisuda yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini, dan
• hadirin yang terhormat yang dengan penuh perhatian dan kesabaran mengikuti prosesi wisuda ini sehingga terlaksana dengan khidmat.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita semua. Aamiin Yaa, Robbal Aalamiin.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Sukabumi, 28 Oktober 2020 
Rektor,

Dr. Ryan Kurniawan, S.E., M.M.

Tags: Law, Juggement, lawyer, Cases