header-int

Widyatama Melakukan Seminar Pengabdian kepada Masyarakat bagi UMKM Sukabumi Raya di Kampus IMWI

Rabu, 31 Jul 2019, 10:20:29 WIB - 233 View
Share
Widyatama Melakukan Seminar Pengabdian kepada Masyarakat bagi UMKM Sukabumi Raya di Kampus IMWI

Selasa, 30 Juli 2019, Fakultas Bisnis dan Manajemen (FBM) Universitas Widyatama dan Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama bekerjasama dengan Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) sukses menyelenggarakan Seminar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi UMKM Sukabumi Raya di Kampus IMWI Sukabumi dengan mengambil tema "Pemberdayaan Digitalisasi Menyambut Kehadiran Revolusi Industri 4.0 dalam Mewujudkan UMKM Unggul".


Hadir dalam kegiatan ini para pelaku UMKM Sukabumi Raya, dosen dan mahasiswa FBM Universitas Widyatama, dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Widyatama, serta dosen dan mahasiswa Institut Manajemen Wiyata Indonesia.  


Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk respon dari terjadinya digitalisasi dan revolusi industri 4.0. Tidak bisa dipungkiri, digitalisasi telah banyak mengubah begitu banyak aspek dalam kehidupan manusia. Ia mengubah interaksi, pekerjaan, penjualan, pembelian, dan kebiasaan hidup orang.


Digitalisasi di satu sisi memudahkan, menyediakan peluang yang sangat menjanjikan, namun di sisi lain bila tidak dikelola dengan baik, melalaikan, mengancam, bahkan dapat menggantikan peran, sampai dengan menggeser lapangan pekerjaan manusia.


UMKM sebagai penggerak sektor ekonomi di tingkat menengah ke bawah harus peduli dan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana memberdayakan digitalisasi ini, sehingga dapat meningkatkan brand sampai dengan omset dan keuntungan usaha mereka.


Pendampingan dari sivitas akademika perguruan tinggi dianggap penting dan perlu untuk membantu UMKM menghadapi era digitalisasi dan revolusi industri 4.0 ini demi mencapai UMKM yang unggul, mandiri, sukses, dan maju.


Dalam kegiatan ini dilakukan pula penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoA) antara FBM Universitas Widyatama dengan Institut Manajemen Wiyata Indonesia.

 

"Setelah ini akan lebih banyak lagi bentuk kegiatan bersama yang akan dilakukan di antara sivitas akademika Universitas Widyatama dan Institut Manajemen Wiyata Indonesia," kata Rektor IMWI Dr. Ryan Kurniawan.


Sementara itu, Dekan FBM UTama Dr. Deden Sutisna menambahkan, bentuk kerjasama ini adalah sebagai upaya untuk membangun pendidikan di Jawa Barat. "Saya berbangga hati akan itikad baik dari Kampus IMWI untuk melakukan kerjasama dengan Universitas Widyatama sehingga kita dapat berjalan beriringan dalam membangun pendidikan di Jawa Barat," imbuhnya.


Seminar dilanjutkan dengan pemaparan oleh tiga narasumber membahas tentang kewirausahaan, pemasaran, dan keuangan bagi para pelaku UMKM. Mereka adalah Ismail Solihin (Kewirausahaan), Dr. Zulganef (Pemasaran), dan Dr. Alfiana (Keuangan).


Para narasumber melakukan diskusi dengan para pelaku UMKM, termasuk pula dosen dan mahasiswa UTama - IMWI yang hadir, mendiskusikan seputar yang dialami oleh para pelaku UMKM di lapangan dan peluang-peluang bisnis yang dapat dikembangkan.

UTama-IMWI Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

imwi Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) berdiri sejak tahun 2014 dengan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum beralih menjadi kemenristek dan DIKTI no. 505/E/0/2014. IMWI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Institut di Kota Sukabumi.
Program Studi (S1) : Manajemen (S.M) | Akuntansi (S.Ak) | Administrasi Bisnis (S.Ab)| Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) | Sistem Informasi (S.Kom) | Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
kuliah-dengan-akses-kerja|Tempat-kuliah-di-sukabumi|mahasiswa-berpestasi|kuliah-bergensi-di-sukabumi|kuliah-sukabumi|imwi-akses-kerja|mahasiswa-akses-kerja-imwi
© 2019 Institut Manajemen Wiyata Indonesia Follow IMWI : Facebook Youtube